Apa yang Berubah Dari Dunia Bisnis Sejak Ada Internet?

  • October 30, 2018

Saya ingat, saya memulai bisnis online kecil-kecilan ketika kuliah, dan itu sekitar tahun 2009. Dimana tempat pertama saya jualan? Saya memulai dari facebook, forum Kaskus, dan marketplace bernama Tokobagus dan Berniaga. Dua marketplace tersebut kini bergabung dalam satu nama, OLX. 

Hasilnya, bisa dibilang sangat baik bagi saya yang masih kuliah. Uang yang didapat melebihi jumlah uang jajan dari orang tua. Tahun berjalan, marketplace lain bermunculan juga. Saya ingat ketika pertama kali Tokopedia dan Bukalapak hadir, kemudian ada Lazada, Qoo10, Blibli, Blanja, Matahari Mall, bahkan sebuah toko yang tadinya retail IT berubah konsep jadi marketplace, Bhinneka.

Apa artinya ini? Dunia sudah berubah, pola konsumsi masyarakat juga berubah. Dulu, kita paham bahwa untuk beli suatu barang, cukup pergi ke toko atau mall. Sekarang, beli barang bisa tanpa harus berdiri dari tempat duduk, atau bahkan bisa sambil tiduran.

Apa lagi yang berubah? Pemilik bisnis juga mengalami perubahan. Dulu, untuk memulai suatu bisnis, Anda harus punya tempat, entah kios, ruko, lantai di gedung, apalah. Bahkan, salah seorang motivator bisnis kondang pernah bilang “Ada 3 resep bisnis bisa sukses: 1. Lokasi, 2. Lokasi, 3. Lokasi.”. Sekarang, mau mulai bisnis bisa sambil tiduran juga.

Anda cuma butuh internet, listrik, laptop/pc/smartphone.

Apalagi nih yang berubah? Tempat bisnis. Dulu, tempat berbisnis ada apa aja sih? Pilihan nya hanya Mall/Pusat belanja, atau pinggir jalan, atau gedung kantor, atau ruko. Sekarang, ada pemain bernama Internet.

Apalagi yang berubah? Modal. Gara2 internet, modal bisnis menjadi turun drastis. Coba tebak berapa biaya sewa kios. Rata-rata biaya sewa kios per tahun minimal 20 juta, bahkan di beberapa lokasi bisa mencapai 200 juta per tahun. Ketika saya memulai freelance dengan brand Tukang Marketing, modal saya sekitar 4 -5 juta. Bayangkan, mana ada agency dengan modal awal segitu.

Yuk apalagi yang berubah?  Kehidupan ekonomi manusia. Dengan adanya internet, orang-orang yang awalnya menjalani bisnis offline atau bahkan tidak punya banyak modal, jadi bisa berbisnis dengan jauh lebih mudah. Saya punya teman, dia menjalani bisnis online semenjak kuliah. Kemudian, kini dia punya rumah di salah satu kota besar, dan punya kios untuk service center produk nya di salah satu pusat belanja di kota besar.

Nah, ini perubahan yang terakhir. Jumlah persaingan yang meningkat. Bisa dibilang, ini adalah kesimpulan dari semua perubahan yang saya tulis di atas. Dengan kemudahan yang diberikan internet, kita bisa melihat adanya pertumbuhan pebisnis baru dalam 10 tahun terakhir. Tahu darimana? Mudah saja, coba lihat salah satu marketplace, dan perhatikan ada berapa banyak toko di dalam nya. Ini pertanda bahwa banyak orang yang membuka bisnis. Kompetitor Anda yang selama ini jualan secara offline kini bisa dibilang tidak terlalu terlihat apakah dia lebih maju dari Anda atau tidak. Kenapa? Karena orang yang belanja ke mereka, tidak terlihat. Barang yang keluar dari toko mereka, tidak bisa dilihat juga. Karena semua transaksi datang dari rumah, dan barang dikirim langsung kerumah pembeli. 

belajar digital marketing

kelas digital marketing di Surabaya, daftar: http://bit.ly/dmsurabaya

Jadi, sebagai penutup, jika hingga saat ini bisnis Anda masih menggunakan sistem seperti 10 tahun lalu, atau bahkan 15 tahun lalu, maka, kabar buruknya, usia bisnis Anda mungkin tinggal sebentar lagi. Seperti yang terjadi pada perusahaan besar sekelas Blackberry, Kodak, Nokia, semua akan berubah pada waktunya.

PS: Untuk warga Surabaya, gabung kelas Digital Marketing Mastery, detail klik >>> http://bit.ly/dmsurabaya