Langkah Memulai Bisnis Online yang Aman Dari Kerugian. Perhatikan!

  • August 3, 2018

Bosen ya kerja sama orang mulu? Atau masih kuliah, jadi pegawai, tapi ingin punya penghasilan tambahan. Hmm.. di era sekarang, jualan online jelas menjadi jawaban yang paling relevan untuk dapat uang tambahan. Namun, mulai nya gimana? Langkah apa dulu yang harus diambil, biar tidak rugi.

Saya akan jabarkan cara memulai bisnis online yang aman berdasarkan pengalaman sejak tahun 2009. Di artikel ini, kita akan ngomongin soal jualan lewat Reseller Dropship.

Apa itu Reseller Dropship? Sederhana nya, Anda bisa menjual barang tanpa harus stok barang. Pola nya begini, Anda kerja sama dengan supplier. Pembeli hubungi Anda untuk belanja, pembeli bayar biaya nya, Anda hubungi supplier dan transfer uang harga modal yang dikasih supplier, barang dikirim oleh supplier ke pembeli Anda.

Cara jualan online dropship reseller

Sederhana nya, Anda menjadi sales dari supplier.

Artikel ini mungkin lebih cocok untuk Anda yang sama sekali belum punya bisnis di offline atau online. Untuk pegawai, mahasiswa, atau ibu rumah tangga, atau siapapun yang ingin punya bisnis sampingan. Dan mungkin bisa dikembangkan jadi bisnis utama di masa depan. Jadi, untuk yang sudah punya bisnis, silahkan minggir dulu. 🙂

Nah, kalau begitu, gimana cara saya bisa dapatin uang tambahan dari bisnis online. Saya ingin punya toko online sendiri, tapi gak berani keluar modal besar kalau harus bikin website dulu. Begini langkah awalnya.

Siapa Target Market nya?

Oke, sekarang, saya sudah membulatkan tekad untuk jualan online. Sebelum jualan, coba perhatikan dulu, siapa orang yang akan beli produk kita. Anda punya 2 pilihan. Pertama, tentukan 1 market yang seragam. Misal: Anda ingin pembeli dari toko ini adalah wanita usia 25-40 tahun. Artinya, Anda bisa jualan pakaian wanita casual, pakaian kerja, produk untuk bayi dan balita, dan apapun yang melibatkan wanita usia tersebut. Atau kelas ekonomi yang ingin Anda incar, misal kalangan B-A, sehingga Anda akan menetapkan harga standar.

Kedua, Anda gak peduli soal penentuan target market. Pokoknya, cari dulu produk, baru pikirin kepada siapa ini dijual. Cara ini akan sedikit ribet, karena fokus toko Anda jadi campur aduk, sehingga orang bisa mungkin saja tidak kembali ke toko Anda untuk repeat order. Karena mereka tahu, produk yang dijual campur2, dan apa yang mereka butuh, tidak selalu ada. Namun, keunggulan nya, toko Anda bisa didatangi banyak orang dari berbagai kalangan.

Belajar internet marketing, workshop internet marketing

Daftar Workshop IM Basic, Klik >>>>> Workshop Internet Marketing Dasar

Mau Jualan Apa.

Ada begitu banyak produk yang bisa Anda jual, namun, Anda harus tentukan beberapa yang ingin dijual. Jangan terlalu banyak jenis, cukup coba dengan 3-5 jenis produk. Karena, saat ini kita ingin tahu produk mana yang paling disukai market Anda. Untuk menentukan produk yang ingin dijua, Anda bisa melakukan dua cara: Pertama, sesuai kesukaan kita. Artinya, ini memang produk yang sesuai passion Anda. Misal, kita memang sudah kepingin untuk jualan pakaian wanita, ya sudah langsung cari supplier untuk bahas soal kerjasama reseller dropship. Atau kedua,

Anda bisa perhatikan produk yang sedang tren saat ini. Misal, kita bisa perhatikan dari kolom hot products yang ada di marketplace seperti tokopedia dan bukalapak.

Intinya, jangan terlalu banyak bermain jenis produk. Karena saat ini, Anda harus mengelola toko online Anda sendiri, salah2 malah bisa jadi kerepotan.

Cari Supplier

Untuk bisa jualan dengan cara dropship, maka Anda harus punya supplier, sebagai orang yang menyediakan barang untuk Anda jual. Mencari supplier yang bisa dropship memang banyak, apalagi di jaman sekarang. Namun, Anda harus perhatikan kualitas dan sistem mereka. Terutama sistem komunikasi soal stok, pemesanan, dll. Agar bisnis berjalan lancar. Supplier ini bisa Anda cari via Google. Bahkan, sekarang banyak website yang menyediakan marketplace untuk supplier, sehingga memudahkan dropshipper untuk mencari barang.

Brand

Orang harus ingat dimana mereka membeli barang tersebut. Itu kenapa, toko online Anda harus ada brand atau merek. Supaya pembeli ingat. Adanya brand bisa meningkatkan kredibilitas serta citra dari bisnis Anda. Pilih brand juga harus kreatif, dilengkapi dengan logo yang sesuai citra perusahaan. Untuk itu, perhatikan bagian ini baik2.

Mau Jualan Dimana?

Langkah awal paling mudah adalah jualan di marketplace. Ada 2 tipe marketplace, yaitu gratis dan bagi komisi. Gratis itu seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX, Kaskus. Dan bagi komisi seperti Lazada, Blibli, Blanja, Bhinneka. Tiap marketplace punya kelebihan dan kekurangan. Namun saran saya, coba yang gratis dulu.

Kira-kira beginilah langkah awal untuk mulai bisnis online Anda. Bagian2 di atas mungkin akan saya ulas lebih mendalam. Namun, untuk di awal, ini adalah langkah yang saya gunakan saat memulai bisnis online dengan konsep reseller dropship.