Begini Teknik Memilih Selebgram atau Endorser yang Efektif

Tips Memilih Endorser di Instagram
  • July 24, 2018

Para pebisnis online pasti ingin setiap hari ada penjualan, dan yang paling penting, nama toko atau bisnis nya dikenal banyak orang di instagram. Untuk mendapatkan itu semua, kita tidak bisa jalan sendiri. Dan butuh bantuan dari orang-orang yang terkenal atau istilah jaman sekarang disebut dengan Selebgram (selebriti instagram). Salah satu cara untuk sukses jualan di Instagram, kita butuh selebgram atau endorser. 

Sebagian dari pebisnis online ini bisa dibilang berani keluar dana untuk promosi pakai selebgram dengan biaya mulai dari 50 ribu hingga jutaan Rupiah, agar bisnis nya bisa dilihat orang lebih banyak. Namun, jangan sampai salah langkah, kalau sudah berani keluar uang jutaan, otomatis, Anda harus tahu juga apakah selebgram yang digunakan ini efektif atau tidak. Bahkan, sebelum memilih mereka, Anda harus lakukan riset sederhana. Begini cara memilih selebgram yang efektif:

Apa itu Selebgram?

Sederhana nya, di setiap media sosial, pasti selalu ada orang yang mempunyai massa. Orang-orang ini mempunyai pengaruh pada massa tersebut. Massa tersebut kita panggil dengan Followers, dan orang yang punya massa disebut influencer. Di Instagram, influencers ini dijuluki Selebgram atau artis instagram. Siapa aja sih para artis ini, dan seperti apa mereka? Artis di instagram bisa dibilang datang dari berbagai kalangan ekonomi. Mulai dari kalangan kelas bawah, menengah, menengah ke atas, hingga kelas atas. Kok bisa begitu? Ya, berkat internet, siapapun kini bisa menunjukan bakat, hobi, dan apapun di internet. Banyak hal yang ditunjukan oleh para influencer di internet. Mulai dari foto yang bagus dengan berbagai konsep,

1. Perhatikan Timeline Fotonya

Selebgram selalu dilihat dari koleksi foto yang ia buat. Jika fotonya biasa saja, dengan caption seadanya, tentu tidak menarik di mata orang yang melihat. Untuk itu, selalu perhatikan dulu foto2 buatan mereka. Bukan cuma perhatikan dari segi bagus atau tidak. Namun perhatikan, konsep utama dari foto-foto mereka apakah cocok dengan produk kita. Misal: Selebgram A, seorang wanita yang selalu menampilkan ke seksian dalam hampir tiap foto. Produk kita adalah ban mobil. Sudah pasti gak nyambung. Akan lebih nyambung jika produk kita adalah pakaian dalam, bikini, atau pakaian yang seksi.

2. Pelajari Profil dan Citra Selebgram

Ini penting banget. Kenapa, citra seorang selebgram akan mempengaruhi citra dari produk kita. Jadi, pastikan citra selebgram sesuai dengan citra produk. Misal: Anda jualan hijab, dan memakai selebgram Awkarin sebagai endorser nya. Tentu ini tidak sesuai. Coba cari yang lebih cocok, misal, selebgram berhijab juga, atau minimal, citra nya sebagai wanita baik-baik tanpa drama.

Belajar internet marketing, workshop internet marketing

Kelas Internet Marketing Basic September-Oktober. Daftar, klik >>> Pelatihan Workshop Internet Marketing Basic.

3. Perhatikan Followers nya

Penting bagi kita untuk tahu siapa followers selebgram tersebut. Kenapa? Karena kita ingin bisnis kita hanya dilihat oleh orang-orang yang sesuai target. Jika tidak, buat apa? Misalnya, ada selebgram yang fotonya seksi, kemungkinan besar, banyak dari followers nya yang merupakan lelaki mesum yang sedang cari hiburan, dan produk yang kita jual adalah sepatu wanita. Kemudian, saya biasa juga cek apakah followers mereka ini fake/robot. Tentu ini akan sedikit memberi pengaruh pada efektifitas promosi. Biasanya, yang saya lakukan adalah mengecek 100 followers pertama mereka secara manual. 

4. Cek Jumlah Engagement (Komen dan Like)

Janggal tidak jika ada jumlah engagement yang rendah banget, tapi followers nya mencapai puluhan ribu? Katakanlah ada followers 1000, engagement per post nya hanya 0,3%. Tentu aneh. Tandanya, ada sesuatu nih. Ada loh selebgram yang followers nya 50 ribuan, tapi like dan komentar nya hanya 100 misalnya. Ini berarti ada beberapa kemungkinan, satu apakah followers mereka sedang offline, atau followers mereka banyakan robot.

5. Lakukan Perbandingan Dengan Selebgram Lain

Apa yang dibandingkan? Tentu poin nomor 1-4 yang dibandingkan. Dan finalnya, Anda bisa lakukan perbandingan biaya endorse. Sehingga, Anda bisa melakukan budgeting dengan baik.

Nah, kalau begini, Anda sudah tahu cara pilih jasa paid promote, selebgram, dan endorser yang cocok untuk bisnis Anda. Sekarang, tinggal deh siap-siap promosi.