5 Kesalahan yang Tanpa Disadari Dilakukan Oleh Pebisnis Online

5 Kesalahan yang Tidak Disadari Pebisnis Online
  • July 11, 2018

Bisnis online kini menjadi metode bisnis yang paling digemari. Bagaimana tidak? Kita bisa bekerja dari rumah, dengan jam kerja yang sangat fleksibel, dan bisa dapat uang dimanapun kita berada hanya dengan kendali sebuah gadget. Mungkin dengan ditambah beberapa staff untuk membantu operasional, maka bisnis ini sudah bisa jalan. 

Meskipun terdengar mudah dijalankan, menguntungkan pula, bukan berarti ini bisa dijalankan dengan sangat mudah. Ada saja hal-hal yang tentu sulit untuk dijalankan. Terutama, bagi Anda yang masih baru berkecimpung di dunia bisnis online. Masalahnya lagi, bisnis online sangat lah dinamis, perubahan bisa terjadi dengan cepat, bahkan saat Anda sedang tidur. Karena dinamika inilah, kita bisa melakukan kesalahan2 yang mungkin tidak kita sadari. Kira-kira, apa sajakah itu?

1.. Tidak Paham Ilmu Dasar

Pondasi adalah hal terpending. Misalnya, Anda mau bangun rumah, namun, pondasi nya air laut, tentu berbahaya, rumah nya bisa mengapung sembarangan. Sama hal nya dengan bisnis. Anda harus paham ilmu dasar nya dulu, sehingga setelah itu Anda bisa bebas bergerak, menentukan arah, bahkan menghadapi persaingan yang makin dinamis tiap hari nya. Ilmu dasar apa di bisnis online? Banyak. Ada Sales Funnel, Value Ladder, Segmentasi, Content Marketing, Copywriting, dan ilmu dasar lain dalam penggunaan tools seperti SEO, SEM, Social Media, Email Marketing, Desain grafis, Video grafis, dll. Memang sih, Anda bisa saja hire pegawai untuk pekerjaan tersebut, namun, jika Anda tidak paham dasar nya, pasti akan ada masalah-masalah saat perjalanan.

2. Tanpa Rencana dan Strategi

Ini yang sering kami temui di lapangan. Jalan bisnis tanpa strategi dan rencana, jelas hal yang buruk. Ibaratnya, Anda pergi ke hutan, tanpa tahu isi hutan nya. Ini sering terjadi ketika Anda biasanya jalani bisnis offline, kemudian melihat orang lain jalani bisnis online dan merasa kayaknya enak jalanin nya, atau sekedar ikut-ikutan kompetitor. Bukan ikut2an itu jelek, namun jika kita jalan tanpa tahu tujuan, bukan kah malah lebih berbahaya? Karena bisnis online itu agak berbeda dengan offline, maka, Anda harus pelajari strategi nya dulu, siapkan rencana untuk bisnis yang dijalankan, baru terjun. Intinya, balik ke nomor 1.

3. Bingung Dengan Produk Sendiri

Di internet, Anda dipaksa untuk kreatif dalam hal komunikasi produk. Kenapa? Karena begini, kalau Anda punya toko offline, ada orang yang datang ke toko Anda, maka kemungkinan besar orang ini sudah punya intensi untuk beli, hanya tinggal cocok atau tidak dengan Anda. Nah, di internet, Anda akan menemukan orang yang tidak punya intensi membeli pada saat itu, namun dia hanya tanya-tanya untuk dapat informasi. Jadi, Anda akan nemu dua kelompok konsumen, orang yang siap beli dan orang yang belum siap. Untuk itulah, Anda harus bisa komunikasikan produk Anda. Dengan komunikasi yang benar, maka konsumen yang belum siap beli, pasti akan beli dari Anda ketika dia sudah siap.

Workshop Internet Marketing Dasar di Jakarta

Ikuti workshop internet marketing basic di Jakarta.

4. Tidak Berani Investasi.

Di bisnis online, ada banyak tipe investasi yang bisa memajukan bisnis Anda. Mulai dari investasi iklan, hingga investasi belajar seperti workshop. Misalnya investasi iklan, jika di bisnis offline kita tidak terbiasa ngiklan, karena banyak konsumen yang sudah jadi pelanggan, mungkin di bisnis online, Anda harus ubah mindset tersebut. Kenapa? Karena di dunia online, Anda akan sulit dapat pelanggan. Kok bisa? Ya karena pilihan sangat banyak, pembeli bisa dengan mudah pilih toko A atau toko B ketimbang toko Anda. Iklan bisa membantu Anda lebih terlihat, dan memperluas pasar Anda, jauh lebih luas daripada offline.

5. Bablas “Bakar Uang”

Promosi di internet memang lebih murah daripada pasang iklan di Tv, radio, ataupun banner di jalan. Namun, murah gak berarti bisa seenaknya. Anda harus punya catatan keuangan untuk bisa menjalankan promosi, dan memastikan tidak terjadi kebocoran dana. Terlebih, jika bisnis nya baru selevel startup, dimana keuangan bisa menjadi hal krusial untuk perkembangan dan bertahan hidup nya bisnis Anda.

Bonus

6. Tidak Customer Sentris

Bisnis offline udah gede, kita gak perlu kustomer, tapi kustomer yang perlu kita. Wah, pemikiran macam begini gak bisa diterapkan kalau bisnis online. Pesaing Anda banyak banget, disini cerita akan terbalik, karena Anda yang butuh customer sebetulnya. Kustomer bisa pilih toko mana yang akan didatangi. Untuk itu, Anda harus bisa memberikan layanan terbaik bagi mereka. Terbaik tidak berarti harus harga jual barang/layanan yang murah ya. Terbaik bisa dari banyak hal, mulai dari customer service yang sopan dan pintar, after sales service yang baik, paket pilihan produk/jasa yang variatif, dll.

Nah, dari poin-poin diatas, adakah kesalahan yang pernah Anda lakukan ketika menjalankan bisnis online? Tidak masalah jika pernah, karena kesalahan merupakan pelajaran bagi kita. Semoga bisnis Anda selalu sukses.

Anda bisa belajar secara langsung dengan saya di kelas Workshop Internet Marketing Basic. Klik >>> Workshop Internet Marketing Basic Jakarta