Psstt.. Ini Bocoran 5 Cara Hasilkan Uang Dari Internet

Cara Menghasilkan Uang di Internet. web
  • June 14, 2018

10 atau 20 tahun yang lalu, pasti tidak terpikir bahwa cari uang di internet itu benar-benar bisa menguntungkan. Namun, lihat sekarang. Semua berlomba mencari peruntungan di internet. Ada yang memang sudah punya niat wirausaha, ada yang ikut-ikutan teman nya, ada yang ikutan karena memang lagi tren.

Semua punya alasan sendiri. Namun, jika Anda memang ingin mencari peruntungan dari bisnis online. Setidaknya, Anda perlu tahu 5 cara dimana Anda bisa mendapatkan uang melalui bisnis online.

1. Jualan di Marketplace

Marketplace adalah sebuah mall/pasar dengan banyak penjual. Di marketplace Anda bisa bebas menjual produk yang Anda produksi sendiri, atau yang Anda jual lagi dari seorang supplier. Ada beberapa marketplace bagus di Indonesia, misalnya yang gratis seperti Tokopedia, Bukalapak, Shoppee, atau yang berbayar dengan sistem komisi seperti Blibli, Lazada, dll. Kelebihan dari jualan di marketplace adalah Anda bisa menghemat biaya marketing karena perusahaan tersebut membantu mendatangkan pengunjung ke halaman kategori bisnis Anda. Namun, kelemahan nya adalah karena banyak produk sejenis, ada kemungkinan terjadi perang harga. Solusi supaya tidak perang harga, jelas produk Anda harus mempunyai value yang bermanfaat.

2. Jualan Dengan Sistem Dropship

Modal. Yes, semua bisnis perlu modal. Bohong lah ada bisnis gak pakai modal, minimal saja kalau bisnis online perlu internet. Namun, bagaimana jika Anda baru mulai bisnis, dan tidak berani keluar modal stok barang? Reseller Dropship adalah solusi nya. Reseller dropship adalah sebuah sistem dimana Anda menjual barang milik supplier, tanpa perlu stok barang. Cukup minta foto produk, pajang di media sosial atau marketplace Anda, atau lain nya, ketika ada orang beli, terima uang nya, infokan ke supplier, transfer uang ke supplier, dan supplier yang kirim barang dengan nama Anda. Mudah nya begini.. 

apa itu reseller dropship?

Mudah kan? Sederhana nya, Anda disini seperti menjadi tim penjualan dari supplier itu. Supplier biasanya memberi harga modal pada Anda, dan Anda tinggal naikkan harga jual saja.

3. Jualan di Instagram

Instagram adalah sebuah platform media sosial paling hits kedua setelah Facebook saat ini. Pengaruhnya sangat membantu bisnis Anda. Apalagi, makin kesini, Instagram selalu menambahkan fitur yang bermanfaat banget bagi para pebisnis online. Mulai dari Instagram for business, lalu IG story, hashtag, dll. Tips nya, Anda harus punya stok foto yang bagus untuk menarik perhatian pengguna IG. Kenapa? Karena IG memang di desain untuk memanjakan mata. Awalnya, dibuat sebagai media sosial dengan basis konten berupa foto. Untuk itu, Anda harus menciptakan foto-foto produk yang bagus. Foto bagus, konten yang informatif, adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi untuk jualan di Instagram.

4. Jadi Affiliate Marketer

Nah, kalau ini memang rada ribet. Anda pernah dengar produk digital? Jadi, di internet, ada banyak sekali produk-produk berupa alat yang berguna untuk membantu kerja para pebisnis online. Misalnya, tools berisikan template desain foto, atau tools auto like foto, atau mungkin ebook. Inilah yang Anda jual. Konsep nya sama seperti reseller dropship, Anda hanya perlu mengarahkan pembeli untuk masuk ke halaman website yang sudah disiapkan pembuat produk, pembeli melakukan transaksi dengan kode voucher atas nama Anda. Dan komisi pembelian langsung masuk ke kantong Anda. Kelemahan nya, Anda harus paham cara jualan online dan segmentasi market serta funneling sebelum terjun ke bisnis ini. 

5. Jadi Youtuber

Tidak punya kemampuan jualan barang atau jasa. Maka, jual lah diri Anda. Jadi Youtuber, atau selebgram. Caranya memang rada sulit. Jualan diri itu setidaknya perlu beberapa keahlian. Pertama, harus kreatif membuat konten yang bermanfaat. Kedua, tahu siapa target market nya. Ketiga, tahu gimana cara jual nya. Sekarang, semua platform ada, Anda tinggal menentukan konten apa yang mau dijual. Banyak loh Youtuber sukses dengan penghasilan ratusan juta tiap bulan. Mungkin, Anda bisa jadi salah satunya.

Jadi, setelah melihat secara keseluruhan kelima cara ini, mau coba yang mana? Ingat, apapun yang Anda coba, Anda harus punya program marketing untuk bisa mendorong konsumen ke tempat Anda.